Minggu, 08 Mei 2011

AIR WUDHU SEBAGAI TANDA KEIMANAN

Air sebagai sumber kehidupan yang tak pernah pudar di muka bumi. Setiap hari dipakai dalam segala aktifitas yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Terlebih juga bermanfaat sebagai kesucian bila akan beribadah. Dalam agama Islam dikenal sebagai Wudhu. Bentuk butiran air ditengarai dapat menimbulkan efek bagi siapa yang sering membasuh dirinya dengan air. 

Sebuah keajaiban bagi siapa yang gemar berwudhu maka akan selalu terjaga dari penyakit kulit dan tetap muda. Lebih mulia bila saat menunggu waktu sholat dan dalam keadaan berwudhu Allah lebih suka sebab orang yang berwudhu didoakan malaikat. Percaya atau tidak sebab telah jelas haditsnya kurang lebih maknanya seperti ini :

Salah satu orang yang didoakan malaikat ialah orang yang dalam keadaan tidur dalam keadaan berwudhu selain malaikat ada diatas kepalanya mendoakan seribu kebaikan atasnya. Masya Allah. Berwudhu merupakan tanda keimanan. Bukti yang khas bila orang suka menjaga wudhu tanda utama lihatlah wajahnya dan warna kulit tangan bagian atas terlihat putih bersih. Ditengarai juga air wudhu juga dapat memperpanjang umur (maaf dalam kategori otoritas Tuhan) ini hanyalah pendapat.

Sebab secara tidak langsung orang yang gemar wudhu bila akan tidur hatinya akan dingin dan tenang, maka wajar bila dapat memperpanjang umur dan mensterilkan segala keburukan. Kita patut berterima kasih kepada Allah telah diberikan nikmat berupa air yang senantiasa mengguyur di seluruh pelosok dunia. Wudhu secara spiritual dapat dipandang sebagai benteng pertahanan. 

Membasuh tangan bermakna mensucikan segala aktifitas tangan atas maksiat kita, lalu membasuh mulut mensucikan perkataan sebab di hari pembalasan mulut otoritasnya hanya berlaku di dunia sebagai media penyampai atas perintah otak, membasuh hidung bermakna menyehatkan hidung dari kuman atau penyakit, membasuh muka bermakna mensucikan pandangan dan semoga kelak di hari akhir dapat bercahaya karena amal kita suka berwudhu, 

membasuh kedua siku kanan dan kiri bermakna penyelamat dari kilatan api neraka dan berdoalah agar menjadi tangan yang ahli ibadah dan gemar bersedekah, membasuh sebagian rambut bermakna semoga kita dijaga dari pikiran yang buruk serta dilepaskan dari belenggu syetan yang terkutuk juga rambut selamat dari siksa api neraka. Membasuh kedua telinga bermakna semoga kita selalu menepati kebaikan, mudah diseru oleh panggilan yang baik, juga dapat dengan mudah menerima segala kebaikan yang datang dari Allah. 

Terakhir membasuh kedua kaki bermakna semoga kaki kanan mudah melewati shirothol mustakim dengan ukuran terkecil dalam cerita guru agama kita, lalu kaki kiri dijauhkan dari prasangka yang buruk. Lalu doa bermakna ikrar kita untuk selalu menjunjung tinggi dakwah Nabi dan ucapan spiritual untuk menjadikan kita dari golongan-golongan orang yang bersuci, golongan orang yang kembali kepadaMu, juga menjadi golongan orang yang bertobat. 

Maka sempurnalah kita menjadi manusia yang siap melangkah dengan kepasrahan diri menghadap Allah. Dan syetan tidak ada di dalam otoritas kita. Maka leburlah segala dosa dan maksiat kita. Wallaa hu a'lam bish showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar