Minggu, 26 Juni 2011

ARTI SEBUAH PERJUANGAN

Gambar ini melukiskan betapa beratnya perjuangan hidup manusia. Itu adalah gambar pola milyaran sel sperma yang masuk dalam sel ovum. Perjuangan itu berat dari semilyaran sel itu yang berlomba-lomba menuju rumahnya dan sel yang kalah melebur dan hanya satu jiwa yang hidup yakni kita MANUSIA. Bila tidak karena kasih sayang Allah kita akan mati berhenti diseluruh gumpalan bila kita tidak menempel pada dinding yang dirahmati.

Kita yang telah hadir di muka bumi. Yang telah dianugerahi berupa potensi yang akan menjadi identitas diri kita. Bila kita hidup dan bermalasan dan hanya memenuhi perasaan syetan yang negatif maka kita lebih memusatkan pada pertanyaan klasik "Apa sih bakatku?" Bila masih berkutat pada pertanyaan itu dan tidak segera mencari jawaban. Tak pelak kita akan menjadi pribadi bingung dan tak tentu arah. Allah sudah memberikan jalan keluar. Melawatlah di muka bumi, lihat dan pikirkan kekuasaan Allah.
Ada satu kalimat Allah yang mulia terselip dalam firmanNya perhatikan dirimu maka kau akan mengenal diriKU PULA. Sebuah tanda bahwa kita dicetak menjadi manusia dan umat pilihan. Allah juga telah memberikan kunci dan management untuk mencapainya. Iqro, wahai jiwa yang berselimut bangunlah!, sedekahkan apa yang ada pada diri kalian. Puasalah!, dan perintah-perintah lainnya. Jihad atau perjuangan pasti membutuhkan strategi yang kuat dan berkesinambungan.

Disaat kita telah pada tataran kesuksesan kitapun masih dituntut agar harta kita bermanfaat kepada orang lain, bila kita gagal kita disuruh bersabar dan berusaha memperbaikinya. Perjuangan berarti sesuatu yang diupayakan. Mengupayakan sesuatu pasti diawali dari visi dan misi yang jelas dan spesifik. Dalam perjuangan pasti ada pengorbanan. Tiada keberhasilan tanpa pengorbanan. Sebab pengorbanan inilah yang menjadi kuncinya firman Allah : Maukah Aku tunjukkan jalan perniagaan yang menguntungkan?.
Kalimat ini Allah ingin manusia agar berjuang sesuai kemampuan dan bertawakal. Dan Allah menjawab lebih utama tiap diri jihad di jalan Allah dengan diri, harta dan barang yang berguna. Lalu Allah juga memberikan hadiah berupa kalimat mulia kamu juga lebih mulia bila beriman kepada Allah dan Rasul, menaati kebenaran dan berilah berita gembira kepada orang yang sabar. Indikasinya bahwa Allah ingin saat manusia berjuang dan ketika merasakan kecewa saat di posisi puncak meraih sesuatu agar dikembalikan kepadaNya segala urusan.

Saat berjalannya sel sperma, sperma itupun tak tahu siapa yang menyuruh ia berjalan menuju sel telur. Namun sel sperma itupun ada pelajaran berharga. Saat sel sperma telah menembus sel telur. Sel telur pun langsung menghampirinya dan membelenggu dengan ikhlasnya membentuk sebuah sel hidup. Subhanallah sungguh perilaku yang lembut dari Maha Karya Membentuk. Perjuangan yang panjang itupun disambut dengan belenggu yang kuat dan sel itupun mulai bekerja dan menyusun. 
Pembentukan manusia itupun berlangsung. Sebuah perjuangan yang jelas tempatnya. Maka disambut dengan bahagia. Maka penciptaan itupun lebih baik. Dan jadilah kita ini. Pelajaran yang dapat diambil dari kisah ini adalah bahwa perjuangan yang panjang ini membutuhkan pengorbanan. Tetapkanlah visi dan misi yang jelas serta bersandinglah pula dengan rukun-rukun sahabat kita dalam islam yakni rukun iman dan rukun islam. Hidup yang sekali ini sekiranya harus bermakna, carilah terus bakatmu, berjuanglah!, tuntun bersama Tuhan.

Lalu sebuah perjuangan tidak sekedar pribadi, kita melihat bahwa ada banyak sel sperma itu mengindikasikan bahwa perjuangan kelompok itu juga dapat menghasilkan. Namun ada makna tersendiri bila untuk perjuangan pribadi. Bila perjuangan itu berupa sikap baik melayani sesama ditambah ruh KeIlahian lebih lama kekuatannya. Bila perjuangan itu berupa harta dengan membiayai anak yatim itu juga pahala. Perjuangan tertinggi yakni perjuangan tetap teguh diatas agamaMu yang kokoh yakni iman dan islam. Ini lebih jempol.
Apapun semua perjuangan kalian dimata Tuhan pasti ada sisi pahala dan kebaikan. Kesungguhan dan kesegeraan untuk memulai itu lebih utama daripada berpangku tangan. Torehkan sejarah dalam perjalanan hidupmu. Miliki prinsip Star dan Malaikat. Sebab hanya dengan prinsip Tuhan semua yang tidak mungkin pasti terjadi adanya. Yakini potensi kita. Kita dicipta untuk menjadi manusia pilihan. Kita adalah sebaik-baik umat. Lalu mengapa kalian tetap berpegang pada kekurangan dan kelemahan.  KAMU PASTI BISA !

Wallaa hu a'lam bish showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar